Saturday, June 22, 2013

Beranda » » Wow, 12 Jenis Rujak di Indonesia, hemm,.Lezat!!

Wow, 12 Jenis Rujak di Indonesia, hemm,.Lezat!!

Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Rujak sendiri biasanya di jadikan jajanan pasar yang sangat nikmat ketika di santap di siang hari nah berikut ini ada 12 Jenis Rujak Yang Ada di Indonesia kamu mau tahu rujak apa aja itu yuk kita simak berikut ini.

1. Rujak cingur

[imagetag]

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata "cingur" berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.

2.Rujak Gobet / Beubeuk

[imagetag]

Rujak Gobet adalah salah satu makanan tradisional Jawa (Malang). Rujak ini biasanya di sajikan pada acara Telonan atau Tingkepan wanita yang sedang hamil. Rujak ini terdiri dari beraneka ragam buah-buahan, seperti bengkowang, nanas, pencit, blimbing, jambu, babal (nangka muda), asem dan masih banyak lagi lainya. Jadi, rasa RUJAK GOBET ini nano-nano, karena di aduk dan dicampur menjadi satu. Suguhan Rujak Gobet menjadi menarik, enak, karena menyatukan beragam buah yang berbeda rasa, warna, serta asalnya. Rasa rujak ini begitu nikmat, baunya mengoda setiap orang mendekat.

3. Rujak Manis

[imagetag]

Rujak manis adalah semacam salad. Terbuat dari buah-buahan segar dengan saos manis pedas. Buah-buahan yang dipakai antara lain: mangga muda, bengkuang, salak, pepaya yang hampir matang, kedondong, jambu, mentimun, belimbing, dan lain-lain. Saus yang dipakai terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis, dan cabai.

Cara penyajianya sebagai berikut Buah dikupas, dicuci lalu diiris tipis-tipis. Bahan untuk saos dihaluskan lalu diberi sedikit air agar kental. Saos kemudian disiramkan ke atas buah-buahan sebelum disantap.

4.Rujak Petis

[imagetag]

Rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah timur pulau Jawa. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/ tauge, dan kangkung. Semua bahan tadi disajikan dengan siraman resep saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air.

Di daerah Jawa Timur, selain petis yang biasa digunakan untuk bumbu Rujak petis, ada juga yang menggunakan petis Madura yang berwarna kemerahan. Rujak petis biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.

5. Rujak Soto

[imagetag]

Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini merupakan paduan unik antara Rujak Cingur dengan Soto Babat.

Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut babatnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto. sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak Soto kadang disajikan dengan Es Temulawak.

6.Rujak Kuah Pindang Bali

[imagetag]

Rujak berkuah ini disajikan dengan isian buah-buahan, seperti mangga muda, pepaya muda, jeruk Bali, dan kedondong. Dalam penyajiannya, buah harus dipotong tipis-tipis agar kuah dapat meresap. Kuah rujak ini terbuat dari rebusan kepala ikan. Jadi, tak usah heran jika baunya agak amis. Meski terkesan amis dan bau, rujak kuah pindang memiliki rasa yang beda. Percaya atau tidak, setelah mencobanya Anda pasti langsung ketagihan.

7. Rujak Terasi Lombok

[imagetag]

Dari penampakan nya rujak ini memang tidak berbeda dari rujak pada umum nya, beberapa macam buah-buahan segar di parut , lalu diatasnya di siram larutan gula merah kental dan terakhir disiram lagi dengan kuah merah yang terbuat dari cabe rawit dan terasi. Si kuah merah ini yang menjadikan rujak terasa istimewa, rasa pedas dan aroma udang dari terasi lombok yang khas langsung menyeruak ketika kita menikmati segarnya rujak, sensasional

8.Rujak Bakso Madura

[imagetag]

Bakso rujak paling mantap disantap selagi hangat. Jangan biarkan kuah menjadi dingin kala menyantapnya. Bila kuah tak lagi panas, lemak di dalamnya akan menjadi gajih yang melengket pada rongga mulut. sensasi pedas langsung menyergap ke dalam mulut. Ketika lontong tergigit, tak perlu banyak tenaga untuk menghancurkannya. Sebab, olahan nasi itu begitu lembut, tidak kaku seperti lontong sate. Untuk kuah bakso yang bercampur dengan bumbu kacang kental, teksturnya nyaris seperti bubur. Ada rasa gurih pliket dalam cairan itu.

9.Rujak Es Krim Jogja

[imagetag]

Di Jogja ada beberapa tempat yang menjual rujak ice cream, namun yang terkenal dan rasanya nikmat adalah yang berada di halaman Istana Pakualaman. Bagi orang luar Jogja atau yang belum lama tinggal di Jogja, untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit. Datang saja ke Jalan Kusumanegara, nah di sebelah utara jalan ada istana yang cukup asri, di di halamannya itulah tempatnya ice cream yang "naknan" itu.

Rujak ice cream halaman Istana Pakualaman itu terdiri dari irisan kecil-kecil beberapa buah di antaranya jambu air, nanas, mentimun, kedondong, pepaya, kemudian dicampur bumbu rujak dan diberi ice cream. Pembeli bisa memesan bumbu rujak yang pedas atau yang manis.

10.Rujak Mie Palembang

[imagetag]

Rujak mie adalah cara menikmati pempek yg menurutku paling segerr. Cocok untuk makanan selingan setelah banyak menyantap hidangan serba santan, serba minyak dan serba lemak maupun serba daging2an yang biasa pada hari raya atau pesta2.

Rasa kuah cukonya yang asam manis pedas ditabrak dengan kesegaran taoge dan timun, sensasi mie, soun dan tahu goreng yang dihajar oleh gurih dan kenyalnya pempek bertabur ebi halus nan aduhai haihai....aawww...

11.Rujak Kecut Banyuwangi

[imagetag]

Rujak kecut ngggak usah nunggu satu jam kalo mau dimakan. Nggak kayak Asinan. Dari segi buatnya juga nggak begitu heboh. Tinggal uleg bumbu campuran lombok, terasi, gula jawa, dikasih asem atau cuka terus tinggal dicacahin buah-buahan Mantep dech......apalagi makannya dipinggir laut atau di sawah.....

12. Rujak Aceh

556412

[imagetag]

Rujak Aceh, makanan khas daerah aceh ini mempunyai citarasa asam, pedas namun manis.

sudah pernah coba semua belum?



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/06/12-jenis-rujak-di-indonesia-hemmlezat.html