Thursday, June 6, 2013

Beranda » » Wow, Hati-Hati Penyakit Ganas Ini Serang Anak

Wow, Hati-Hati Penyakit Ganas Ini Serang Anak

432215

[imagetag]

 Hati-Hati Penyakit Ganas Ini Serang Anak Jakarta, Sistem imun yang belum sematang orang dewasa membuat anak-anak punya kerentanan tersendiri terhadap berbagai macam penyakit. Bila tidak diwaspadai, bukan tidak mungkin beberapa penyakit ganas bakal mengancam keselamatan si buah hati.

Dokter anak dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Dwi Putro Widodo, SpA (K) mencontohkan salah satu penyakit mematikan pada anak adalah encephalitis atau penyakit radang otak. Penyakit mematikan yang bersifat akut ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

"Penyakit ini berbahaya sebab kerusakan otak terjadi karena otak terdorong terhadap tengkorak dan dapat menyebabkan kematian," kata dr Dwi Putro saat dihubungi detikhealth, seperti ditulis pada Rabu (4/6/2013).

Ditambahkan oleh dr Dwi Putro, penyakit ini paling sering ditemukan pada anak berusia di bawah 3 tahun. Sayangnya dokter yang juga berpraktik di RS Pondok Indah ini tidak menyebutkan seberapa besar risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Selain enchepalitis, dr Dwi Putro juga menyarankan agar orang tua mewaspadai penyakit demam kejang pada anak. Menurutnya, anak atau lebih tepatnya bayi usia 17 hingga 23 bulan paling rentan mengalami gangguan yang tidak kalah bahayanya ini.

Meski tidak menyebabkan kematian, penyakit demam kejang bisa membahayakan anak bila tidak diobati dengan benar. Langkah paling bijak yang bisa dilakukan adalah membawanya ke dokter sesegera mungkin sambil terlebih dahulu memberikan pertolongan pertama.

"Yang pertama harus diingat oleh orang tua adalah jangan panik. Setelah itu, posisikan anak untuk tidur telentang, kemudian jangan masukkan makanan atau minuman apapun dan jangan ditinggalkan sendirian. Biasanya kejang ini demam ini akan hilang dalam 2-3 menit," jelas dr Dwi Putro.

Setelah kondisi ini tertangani untuk sementara, disarankan untuk segera membawa si kecil periksa ke dokter.

sumber



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/06/hati-hati-penyakit-ganas-ini-serang-anak.html