Monday, August 19, 2013

Beranda » » Wow, 4 Manfaat Banyak Minum Air Putih

Wow, 4 Manfaat Banyak Minum Air Putih

Adakah hubungan antara kekurangan serat dan cairan dengan kesehatan seseorang? Tentu saja ada. Sebuah penelitian National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika menganalisa sekitar 9.000 orang dewasa pada 2005 - 2008.

Dari survei itu, peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara kekurangan serat dan cairan dengan kesehatan seseorang. Ternyata, baik pria maupun wanita yang memiliki sumber makanan rendah cairan lebih cenderung memiliki masalah pencernaan.

Untuk itu, perbanyaklah konsumsi serat dan cairan (terutama air putih). Air membantu Anda mengatur suhu tubuh, membuat sendi tidak kaku, melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya, serta mengeluarkan limbah tubuh melalui keringat dan urin.

Selain manfaat itu, berikut ini 4 kegunaan lain dari mengkonsumsi air putih yang ditulis Alison Goldman, editor Women�s Health magazine.

1. Menurunkan berat badan
Pelaku diet dewasa yang meminum sebotol air sebelum makan selama 12 minggu akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada diet yang tidak minum air terlebih dahulu sebelum makan.

2. Mencegah penyakit ginjal
Orang yang mengkonsumsi paling banyak cairan memiliki risiko penyakit ginjal kronis lebih rendah dibanding yang sedikit minum air.

3. Lari jadi cepat dan aman
Dalam sebuah penelitian 2011, 14 pelari menyelesaikan dua set putaran. Salah satu pelari meminum air yang cukup selama istirahat. Satu pelari lainnya tidak minum selama istirahat. Ternyata, pelari yang minum air selama istirahat, dapat berlari lebih cepat. Selain itu, ia memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dan jantung yang berdetak sehat.

4. Menjaga mood
Wanita dehidrasi akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang memburuk, dan kesulitan berkonsentrasi.

Sumber:
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...inum-Air-Putih



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/4-manfaat-banyak-minum-air-putih.html