Sunday, August 18, 2013

Beranda » » Wow, [LAGI] Kerusuhan Lapas Labuhan Ruku (Sumatera Utara)

Wow, [LAGI] Kerusuhan Lapas Labuhan Ruku (Sumatera Utara)

Kerusuhan di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) di Sumatera Utara, kembali terjadi.

Kali ini, kerusuhan terjadi di Lapas Labuhan Ruku, Sumut. Lapas tersebut, terbakar akibat kerusuhan yang diperbuat narapidana, Minggu (18/08/2013) petang.

Kepala Lapas Labuhan Ruku Sutopo Brutu mengatakan, kebakaran itu terjadi setelah puluhan narapidana melakukan kerusuhan di dalam lapas.

"Informasi yang saya terima, ada 49 napi pindahan yang kecewa karena tidak bisa dibesuk. Karenanya, mereka memprovokasi napi lain untuk berbuat kerusuhan," kata Sutopo Brutu, Minggu sore.

Sementara Kabid Humas Polda Sumut Komisaris Besar Heru Prakoso mengatakan, lapas itu terbakar pada Minggu sekitar pukul 17.00 WIB.

Tapi, mobil pemadam kebakaran sudah mulai mendatangi lapas. Begitu juga aparat kepolisian, yang berjaga-jaga agar tak lagi ada narapidana yang kabur pascakebakaran, seperti di Lapas Tanjung Gusta Medan.

Kasubdit Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjend Pas Kemenkumham) Akbar Hadi mengatakan, para tahanan berhasil kabur setelah mampu melumpuhkan sipir di pos pengamanan lapas.

"Mereka berhasil kabur setelah menyerang sipir, serta membakar ruang KPLP dan ruang registrasi lapas," kata Akbar Hadi, melalui pesan singkat,

Setelah menyerang sipir di pos pengamanan, Akbar menjelaskan kelompok tahanan itu kabur dengan cara melompati pagar tembok lapas. "Tapi belum diketahui jumlah tahanan yang berhasil kabur,"



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/lagi-kerusuhan-lapas-labuhan-ruku.html