Thursday, August 22, 2013

Beranda » » Wow, MOBIL di-LIPAT? Memangnya bisa?

Wow, MOBIL di-LIPAT? Memangnya bisa?

Quote:

[imagetag]
Armadillo-T menjadi solusi masa depan dengan bodi yang bisa dilipat.

Guseong, Tak cuma sepeda, mobil juga bisa dilipat! Sejumlah ilmuwan dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Korea Selatan menciptakan mobil masa depan yang tidak menyita banyak lahan parkir karena bisa dilipat. Diharapkan, mobil ini akan membantu permasalah kota-kota besar untuk menyediakan fasilitas parkir. Mobil lipat itu dinamai Armadillo-T, dan diujicoba di area kampus.

Menurut Profesor In-Soo Suh, pemimpin tim, mobil masa depan harus fleksibel, bertenaga listrik, personal dan bisa menjadi kendaraan penghubung. �Saya berharap, orang yang tinggal di kota besar mengubah gaya hidup dari mobil dengan mesin berbahan bakar fosil ke kendaraan personal dengan motor listrik. Armadillo-T bisa jadi alternatif,� katanya.

Desain mobil listrik mikro ini, lanjut Soo Suh, terinspirasi dari hewan asli Amerika Latin yang disebut armadillo. Ini adalah mamalia dengan cangkang yang berfungsi sebagai tameng. Cangkang keras akan menyembunyikan tubuhnya dari serangan para predator.

Karakter itu ditiru Armadillo-T. Setelah menemukan tempat parkir sempit, penumpang turun dan menekan remote: bodi belakang meninggi dan menutup bagian depan. Sebelumnya, muncul roda kecil dari tengahsebagai penyangga.

Ketika dilipat, panjang mobil semula 2,8 meter bisa dipangkas menjadi 1,65 meter atau sepertiga areal parkir mobil biasa, 5 meter. Penumpang bisa menggerakkannya hingga 360 derajat untuk memasukkan bodi ke lahan parkir sempit.

Mobil imut ini digerakkan motor listrik yang langsung dipasang di roda. Sumber energi, baterai lithium-ion 13,6 kWh yang disimpan di bagian depan dan bisa dikebut 60 km/jam. Jarak yang bias ditempuh untuk sekali isi baterai, 100 km dengan lama pengisian hanya 10 menit.

Total berat 450 kg, dipusatkan di depan sebagai penyeimbang ketika bagian belakang terangkat. Keunggulan lain, tidak pakai spion luar!
(entah ini keunggulan atau kekurangan hahaha)
Sebagai pengganti digunakan kamera dengan gambar ditayangkan pada dasbor di kanan-kiri (lihat gambar), sekaligus juga mengurangi blind spot.

Quote:
[imagetag]

[imagetag]
Armadillo-T dalam keadaan terlipat, didemonstrasikan di depan kampus.

[imagetag]
Interior Armadillo-T, ada layar yang berfungsi sebagai kaca spion.


VIDEO-nya Gan!

[imagetag]

Ada yang ga tau apa itu Armadillo?
Cekidot!

Quote:
Ya, namanya Kampus, ga luput dari kesalahan ..
mereka designnya niru juga koq ^^

Tapi, ya namanya belajar, ya ga? hehe

Quote:
Jujur, menurut ane, mobil ini paling cocok untuk keadaan parkir seperti ini sech ..
[imagetag]

Sumber :
www.kompas.com
www.theverge.com



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/mobil-di-lipat-memangnya-bisa.html