Saturday, September 14, 2013

Beranda » » Wow, Yaman Akan Larang Pernikahan Anak

Wow, Yaman Akan Larang Pernikahan Anak

Quote:Yaman Akan Larang Pernikahan Anak

[imagetag]

Menteri Hukum dan HAM Yaman, Huriya Mashhoor, mengatakan negaranya akan mengeluarkan undang-undang baru yang melarang pernikahan anak di bawah umur. Dalam UU yang segera dipersiapkan itu, usia pernikahan bagi perempuan minimal 17 tahun.

Langkah ini dilakukan menyusul kematian seorang bocah pada malam pernikahannya, yang menuai polemik internasional.

Rawan, delapan tahun, meninggal minggu lalu akibat perdarahan setelah hubungan seksual pada malam pernikahannya. Ia menikah dengan seorang pria berusia 40 tahun di provinsi Hajja.

"Saya menulis surat kepada pimpinan majelis deputi untuk mengagendakan pembuatan RUU yang membatasi usia pernikahan hingga minimal 17 tahun, yang telah ditangguhkan sejak 2009," kata Mashhoor.

Mashhoor berbicara sehari setelah pemerintah membentuk sebuah komite untuk menyelidiki laporan kematian gadis itu. "Kami tidak memiliki bukti yang cukup pada saat ini tentang kejadian itu," ujarnya. "Tapi saya khawatir bahwa mungkin ada upaya untuk membungkam masalah ini, terutama karena terjadi di daerah pedesaan terpencil di provinsi Hajja di mana ada kasus serupa sebelumnya."

Menurutnya, hukum akan menyeret para pelaku. "Jika kasus dikonfirmasi dan ditutup-tutupi, maka kejahatan akan lebih serius," kata Mashhoor.

Mashhoor sebelumnya terlibat dalam kampanye melawan pernikahan anak di Yaman. Salah satu penyebab suburnya praktik itu, selain kemiskinan, juga karena tidak ada definisi yang jelas di negara itu tentang siapa yang disebut anak, sehingga sulit untuk melawan praktik pernikahan di bawah umur.

Human Rights Watch mengatakan 14 persen anak perempuan di Yaman sudah menikah sebelum usia 15 tahun, dan 52 persen sebelum 18 tahun, mengutip data tahun 2006 dari PBB.

SUMBER

tanggapannya agan agan sekalian gimana nih ?
masa iya anak kecil disuruh nikah yang ada dia ga bisa ngerasain masa anak anak dong , bagus larang aja pernikahan anak ini



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/09/yaman-akan-larang-pernikahan-anak.html