Monday, June 24, 2013

Beranda » » Wow, Siapakah Pencetus Monas?

Wow, Siapakah Pencetus Monas?

432215

[imagetag]

Siapakah Pencetus Monas? Hingar bingar PRJ yang akan dipindahkan ke Monas kian diperbincangkan, bahkan pada saat HUT DKI Jakarta yang ke-486 kemarin Monas menjadi salah satu tempat untuk merayakan kegembiraan ini. Namun, siapakah yang mempunyai ide untuk membangun Monas?

Beliau adalah Sudiro, Gubernur DKI Jakarta kelima, sejak 1953 sampai 1959. Dahulu, Presiden Republik Indonesia pertama, Bung Karno, mempunyai proyek pembangunan mercusuar yang sekarang menjadi monas, tetapi Sudiro memiliki ide lain, yaitu menjadikan monas sebagai monumen sejarah yang harus dilestarikan.

Walaupun ide tersebut baru terealisasi pada masa Gubernur Soemarno Sosroatmodjo, yaitu gubernur DKI Jakarta keenam, yang diresmikan oleh Presiden Soekarno, namun ide

Sudiro akhirnya dapat menjadi hal yang berguna sampai saat ini.

Sudiro lahir di Yogyakarta, 24 April 1911. Sebelum dan sesudah ia menjabat sebagai gubernur, beliau mempunyai profesi sebagai pendidik.

Selain sebagai penggagas Monumen Nasional, Sudiro juga lah yang telah memecah kota Jakarta menjadi tiga wilayah administratif, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. Beliau pun memecah wilayah tadi hingga bagian terkecil, yaitu Rukun Tetangga (RT), dan Rukun Kampung (RK) yang kini menjadi Rukun Warga (RW).

Pada tahun 1992, Sudiro wafat di umur yang ke-81. Terima kasih Pak Gubernur Sudiro, berkat ide darimu akhirnya kita warga Jakarta bisa menikmati Monumen Nasional. Sumber: Jakarta Punya Cerita

sumber



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/06/siapakah-pencetus-monas.html