Tuesday, September 24, 2013

Beranda » » Wow, Hubungan Toko Online dengan Marketplace

Wow, Hubungan Toko Online dengan Marketplace

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang toko online dan marketplace. Ada baiknya jika kita mengetahui pengertian serta fungsi dan tujuan dibangunnya toko online dan marketplace oleh pelaku bisnis online.

Toko online adalah website yang memang sengaja dibangun dan dikembangkan oleh pelaku bisnis online melalui jasa pembuatan toko online untuk kepentingannya sendiri atau untuk menjual produknya sendiri. Dimana, toko online yang dibuat memiliki nama domain atau alamat toko online sesuai dengan yang diinginkan oleh si pemilik toko online tersebut. Sebagai contoh : Saya menjual aksesoris komputer, seperti : Keyboard, Mouse, Printer, Usb Hub dll. Saya bisa membuat toko online dengan nama domain atau alamat, misalnya : www.redinakomputer3212.com atau www.aksesoriskomputer1231.com, dimana toko online yang saya buat tersebut hanya berisi produk dagangan saya sendiri.

Berbeda dengan marketplace, dimana kita tidak bisa membuat nama domain yang sesuai dengan keinginkan kita. Jikalau bisa, pasti terdapat embel-embel dari nama marketplace tersebut. Sebagai contoh : Saya ingin memasarkan perlengkapan komputer saya di : www.marketplacexxx.com, pada saat saya mendaftar, saya akan mendapatkan nama domain untuk toko online saya seperti ini : www.redinakomputer1321.marketplace.com atau www.aksesoriskomputer1321.marketplace.com, kita lihat disini, bahwa nama domain atau alamat website anda di marketplace tersebut sangat panjang dan sangat sulit untuk diingat oleh orang lain. Ingat, Prinsip dalam memilih nama domain adalah, buatlah nama domain atau alamat website yang pendek atau tidak terlalu panjang, sehingga orang lain dapat dengan mudah untuk mengingatnya. Serta sesuai dengan kata kunci yang ingin kita kejar.

Kemudian, apa hubungan antara toko online dengan marketplace dalam berbisnis online?

Pada dasarnya, jual beli online dengan offline adalah sama, dimana kita juga harus melakukan promosi terhadap produk kita. Salah satu cara yang dilakukan oleh pelaku bisnis online atau offline untuk melakukan pemasaran adalah dengan menitipkan satu atau beberapa produk kita di toko relasi atau teman kita. Sehingga produk kita dapat tersebar dan cepat terlihat oleh orang lain dan pastinya jadi cepat terjual atau laku.

Pemasaran secara online pun juga sama, kita bisa menitipkan satu atau beberapa produk kita di website marketplace. Seperti, toko bagus, berniaga, kaskus dll. Tidak perlu semua produk yang kita masukkan di website marketplace tersebut, cukup satu atau beberapa saja. Ingat, marketplace adalah sahabat toko online. Jadi pemilik toko online dapat menitipkan produknya dimarketplace. Jika ada yang berminat untuk melihat produk kita yang lain atau lebih detail, arahkan ke website toko online kita. Jadi, toko online dan marketplace sangat dibutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain.

Selain itu, Usahakan iklan produk yang kita masukkan ke website marketplace tersebut bersifat umum. Agar kita tidak selalu mengupdate iklan kita di masing-masing website marketplace, jika ada produk baru. Iya kalo cuma satu marketplace yang kita gunakan, kalau ada 10 sampai 15 marketplace. Bisa habis waktu kita terbuang.

Sebagai Contoh : Saya ingin menjual atau menitipkan produk aksesoris komputer saya di website marketplace. Maka iklan yang saya buat adalah sebagai berikut :

"Tersedia aksesoris komputer dengan harga terjangkau dan terlengkap, seperti : Keyboard, Mouse, Printer, Usb Hub dll, tidak ada minimal order, tersedia juga pembayaran secara COD (Cash on delivery). Kunjungi website kami di : www.redinakomputer12312.com, setiap pembelian melalui website kami akan mendapat diskon : 10% dan kelipatannya"

Iklan diatas adalah salah satu contoh pemasaran secara online. Anda bisa menyesuaikannya dengan bisnis atau usaha anda. Selain itu, Jangan lupa untuk memasukkan foto produk secara detail, dengan ukuran yang besar, sehingga dapat dizoom. Salah satu kegagalan seseorang didalam menjual produknya secara online bisa disebabkan karena foto produk yang dimasukkan terlalu kecil dan warna difoto tidak sesuai dengan aslinya, sehingga orang yang ingin membeli tidak dapat melihat secara detail dari berbagai sisi.

Ingat, konsep jual beli online sama seperti jual beli offline, dimana walaupun seseorang tidak dapat menyentuh produk kita. Namun, diusahakan produk kita dapat dilihat dari berbagai sisi. Bukan suatu hal yang sulit dilakukan, jika kita harus mengambil foto produk dari berbagai sisi. Lebih pilih mana, ambil foto produk dari berbagai sisi, atau produk kita tidak laku-laku, dikarenakan foto produk terlalu kecil atau tidak sesuai dengan aslinya.

Sumber : http://www.tokoonline2000.com



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/09/hubungan-toko-online-dengan-marketplace_24.html