Thursday, September 26, 2013

Beranda » » Wow, 26-9-2013. Malam Ini Buruh Kalbe Farma Bentrok Vs Polisi, Puluhan Terluka

Wow, 26-9-2013. Malam Ini Buruh Kalbe Farma Bentrok Vs Polisi, Puluhan Terluka

Jakarta, Seruu.com - Puluhan buruh PT Kalbe Farma terluka terkait aksi ujuk rasa yang berujung ricuh, Kamis (26/9/2013). Bahkan, dikabarkan sebagian buruh lainnya juga ditangkapi dalam aksi unjuk rasa yang digelar di perusahaan tersebut.

Aksi ini sendiri berlangsung sejak kamis pagi. Saat itu, massa buruh menolak dibubarkan oleh aparat kepolisian hingga tuntutan mereka dipenuhi. Akibatnya, terjadi bentrok antara buruh dan aparat kepolisian, bahkan polisi juga sempat menembakan gas air mata ke arah buruh.

Pimpinan Pusat SPAI FSPMI, Nyumarno, mengatakan bahwa Tim perunding dari Serikat Pekerja dan Perwakilan Kalbe Farma Pusat sempat berunding di Zurry Ekspres Lippo Cikarang dari pukul 14.00 WIB, ternyata Pengusaha Kalbe Farma mengingkari kesepakatan.

�Tujuh hari kerja katanya mau diselesaikan tuntas, tapi malam ini tak ada satu tuntutan pun yang dikabulkan. Sementara ribuan pekerja yang ada di PT. Kalbe Farma Tbk Cikarang sekitar jam 19.00 malam ini ditembakin gas air mata,� kata Nyumarno dalam siaran pers nya, Kamis (25/9/2013) malam.

Selain itu, dia juga menyebut banyak buruh yang terinjak-injak dalam aksi tersebut. Bahkan, Koordinator Akai M.Nuhfahrozzy ditangkap aparat kepolisian dan digelandang ke dalam area perusahaan Kalbe Farma.

Terkait hal ini, Nyumarno meminta agar aparat kepolisian segera membebaskan Koordinator Aksi. Dia juga mengutuk tindakan represif aparat kepolisian dalam menangani aksi ini, serta tetap mendesak agar perusahaan memenuhi tntutan para buruh. Jika tuntutan tersebut tidak dikabulkan, maka pihaknya mengancam akan melakukan aksi mogok dengan jumlah massa yang lebih besar lagi.

"Bebaskan rekan kami M.Nuhfahrozy, kabulkan tuntutan pekerja, tindak tindakan Represif oknum Kepolisian. Kami akan menutup kawasan Industri, Stop Mesin-mesin Produksi, dan keluar dari pabrik-pabrik jika tuntutan kami tak dipenuhi," tegasnya.

Diketahui beberapa tuntutan buruh tersebut diantaranya adalah, menghapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing. FSPMI juga meminta sistem kerja tanpa lembur juga dihapuskan karena tidak sesuai dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). FSPMI juga meminta manajemen perusahaan menjalankan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2001 yang menyediakan fasilitas seperti masjid dan transportasi jemputan karyawan. [nurholis]

duh temen-temen kelas pekerja semoga selalu damai dan sejahtera. [imagetag]

- sumber : http://city.seruu.com/read/2013/09/2....y2okuiCc.dpuf



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/09/26-9-2013-malam-ini-buruh-kalbe-farma.html