Friday, August 16, 2013

Beranda » » Wow, Bakteri Usus Fusobacteria Ditemukan

Wow, Bakteri Usus Fusobacteria Ditemukan

Bakteri Usus Fusobacteria Ditemukan

[imagetag]

Quote:Satu jenis bakteri usus ditemukan. Bakteri ini menyebabkan munculnya kanker kolorektal dan dapat berpengaruh pada respon kekebalan tubuh.

Penelitian yang diterbitkan jurnal Cell Host & Microbe ini menemukan spesies fusobacteria nucleatum sebagai penyebabnya. Sebelumnya, para peneliti juga menemukan fusobacteria dalam jumlah besar di mulut pasisen yang mengidap kanker kolorektal.

Pada penelitian pertama, para peneliti menemukan fusobacteria pada tumor jinak yang berasal dari usus besar. Fusobacteria ini juga berpotensi jadi sel kanker.

Pada penelitian kedua, para peneliti memeriksa tikus yang ditelah direkayasa genetiknya dengan bakteri fusobacteria. Hasilnya, tikus ini memiliki bentuk kanker kolorektal yang mirip dengan manusia.

Menurut Medical News Today, Kamis, 15 Agustus 2013, tim menemukan bahwa bakteri fusobacteria ini bisa memanggil sel kekebalan tubuh bernama myeloid. Jika telah tergabung, kedua sel ini dapat memicu tumor dan mempercepat pertumbuhan kanker.

"Penelitian bakteri fusobacteria tidak hanya temukan cara baru untuk menggambarkan kanker usus, tetapi juga, yang lebih penting, perspektif baru tentang bagaimana cara untuk menghentikan pertumbuhan tumor dan penyebarannya," ujar pihak Medical News Today.

Usus manusia adalah rumah bagi triliunan bakteri, yang menjaga kesehatan dengan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dalam membantu mencerna makanan.

Namun, bakteri ini kadang-kadang dapat memicu penyakit. Para ahli telah berteori, jika bakteri usus "baik" dan "buruk" tidak seimbang, pada akhirnya juga dapat menyebabkan kanker kolorektal.

SUMBER

makin bahaya aja sekarang virus2



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/bakteri-usus-fusobacteria-ditemukan.html