Wednesday, August 14, 2013

Beranda » » Wow, Fakta Mengenai Mitos Air Putih

Wow, Fakta Mengenai Mitos Air Putih

[imagetag]

Quote:Beberapa orang mengkonsumsi air dalam jumlah sangat sedikit dan ada pula yang setiap saat meminumnya. Tentunya jika cuaca panas, tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan tubuh melalui keringat. Karena itu dibutuhkan asupan air yang cukup untuk mengembalikan cairan tersebut agar tidak mengalami dehidrasi.

Apakah Anda sering mendengar mitos mengenai pengkonsumsian air putih? Nah, berikut beberapa mitos dan fakta yang patut diperhatikan agar tak salah lagi mengkonsumsi air bagi tubuh Anda.

Mitos: Dehidrasi tidak berbahaya
Fakta: Beberapa orang mungkin hanya akan mengalami sakit kepala, lemah dan lesu serta kesulitan buang air kecil. Namun, menurut Mayo Clinic, dehidrasi yang diiringi komplikasi serius dapat mengakibatkan pembengkakan otak, gagal ginjal bahkan kematian.

Mitos: Ketika merasa haus, tubuh sudah mengalami dehidrasi
Fakta: Rasa haus merupakan cara tubuh memberitahu diri Anda kapan harus mengkonsumsi air putih. Tubuh tidak sepenuhnya mengalami dehidrasi, namun memang kehilangan sekitar 1% cairan tubuh dari keseluruhan jumlah air yang ada dalam tubuh. Karena itu, memang sebaiknya tidak mengabaikan pertanda ini.

Mitos: Setiap orang harus mengkonsumsi setidaknya 8 gelas setiap hari
Fakta: Institute of Medicine menyarankan agar pria setidaknya mengkonsumsi 3 liter air setiap hari, sedangkan wanita sebanyak 2.2 liter. Namun jika tidak merasa haus, tak perlu memaksa diri mengkonsumsi air. Air yang dimaksud bukan hanya sekedar 8 gelas air putih, namun dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan dan minuman jenis lain seperti jus.

Mitos: Urin bening pertanda baik bahwa tubuh tidak mengalami dehidrasi
Fakta: Walaupun bukan tolak ukur sebenarnya, urin dapat mengukur kadar dehidrasi Anda. Sebenarnya warna urin yang sehat adalah yang berwarna kuning pucat, bukan sepenuhnya bening. Namun jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi tentunya dapat mempengaruhi warna tersebut.

Mitos: Tidak ada masalah jika mengkonsumsi terlalu banyak air
Fakta: Ada sindrom akibat kebanyakan mengkonsumsi air yang dinamakan hyponatremia. Kadar sodium dalam tubuh larut dan kemudian hilang, sehingga menyebabkan pembengkakan sel. Seperti dijelaskan Mayo Clinic, ini dapat mengakibatkan rasa mual, muntah-muntah, rasa pusing, bahkan koma.

Mitos: Saat olahraga, minuman energi dibutuhkan
Fakta: Air putih saja sudah cukup. Jika menginginkan asupan energi lebih banyak daripada membeli minuman energi dalam kemasan botol, buatlah minuman energi alami dari buah-buah dan sayuran segar. Ini akan membantu menyediakan gizi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh usai berolahraga.

Mitos: Kopi membuat tubuh mengalami dehidrasi
Fakta: Hal ini akan terjadi hanya jika mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Seperti dijelaskan Mayo Clinic, mengkonsumsi 500 miligram kopi (setara dengan 5 gelas kopi) setiap hari dapat beresiko menyebabkan dehidrasi.

sumber




Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/fakta-mengenai-mitos-air-putih.html