Saturday, August 17, 2013

Beranda » » Wow, Wah! Puasa Bisa 'Pulihkan' 5 Organ Penting Ini

Wow, Wah! Puasa Bisa 'Pulihkan' 5 Organ Penting Ini

[imagetag]

Quote:berpuasa di bulan Ramadan, masih ada sebagian orang yang tak bersemangat melakukan aktivitas ini. Dengan berbagai alasan seperti menjadi lemas dan sering ngantuk, puasa pun terasa menjadi berat. Tak sekadar ibadah, berpuasa nyatanya juga baik bagi kesehatan karena bisa memulihkan fungsi kerja beberapa organ di dalam tubuh.

Quote:"Berpuasa itu menurut saya sangat baik, termasuk dalam salah satu detoks alami. Sebab tubuh dibiarkan tidak mencerna makanan selama lebih kurang 12 jam. Beberapa organ tubuh pun bisa istirahat sejenak dari aktivitasnya selama setahun," papar Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, pakar nutrisi, kepada detikHealth dan ditulis pada Kamis (25/7/2013).

Quote:Menurut Rita, organ tubuh tersebut yakni pankreas, usus halus, usus besar, lambung, dan hati. Pankreas memiliki fungsi menghasilkan enzim pencernaan serta menghasilkan beberapa hormon lain. Sedangkan usus halus berfungsi untuk melakukan tugas pencernaan secara kimiawi dengan bantuan senyawa kimia. Usus halus terdiri atas usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum).

Quote:Usus besar pada tubuh memiliki banyak peran, di antaranya adalah menyerap air selama proses pencernaan, menghasilkan vitamin K dan vitamin H (Biotin), membentuk massa feses, dan mendorong sisa makanan hasil pencernaan keluar dari tubuh. Sementara lambung berkontraksi secara ritmik untuk mencampur makanan dengan enzim-enzim.

Quote:Dan hati yang merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh berfungsi untuk membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

Quote:Kelima organ tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Menurut Rita, selama berpuasa di mana makanan tidak ada yang masuk selama 12 jam akan memberi kesempatan pada 5 organ ini untuk lebih bisa beristirahat.

Quote:"Kan kita pakai semua organ tersebut selama setahun untuk mencerna makanan. Jadi menurut saya bagus sekali jika bisa berpuasa penuh selama sebulan, ini berarti kira memberi kesempatan pada organ-organ tersebut untuk lebih istirahat dan kembali ke fungsi awal," tutur Rita yang merupakan lulusan magister jurusan Gizi Klinik di Universitas Gadjah Mada dan dosen pengajar jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Jakarta II ini.

Quote:Pada akhirnya setelah masa berpuasa sebulan ini selesai, maka kelima organ tersebut akan lebih baik lagi dalam melakukan fungsinya masing-masing. Ini tentunya yang menurut Rita akan memberi pengaruh yang sangat positif terhadap kesehatan tubuh.

sumber



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/wah-puasa-bisa-pulihkan-5-organ-penting.html