Friday, August 16, 2013

Beranda » » Wow, Wisata Religi Sendang Kasihan Yogyakarta

Wow, Wisata Religi Sendang Kasihan Yogyakarta

Quote:WELCOME TO MY THREAD
Ditunggu KOMENT dan
[imagetag][imagetag][imagetag][imagetag][imagetag]

Sendang Kasihan Yogyakarta
Quote:Letak
Keberadaan sendang kasihan tidak terlepas dari mitos yang menjadi rona suatu petilasan. Sendang kasihan yang terletak di dusun Kasihan, kelurahan tamantirto, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki beberapa cerita tentang hal ikhwal sendang tersebut. Sendang ini tidak jauh dari pabrik gula Madukismo kurang lebih 1,5 km disebelah baratnya sebelum daerah goa selarong. Atau dari perempatan ringroad tamantirto sekitar 1 km kearah selatan.

Legenda
Terbentuknya sumber mata air di sendang kasihan ini konon merupakan tuah dari Sunan Kalijaga yang dalam pengembaraannya melewati daerah Kasihan membutuhkan air bersih. Namun beliau mencari namun tetap tidak mendapatkan sember mata air tersebut, maka dengan menancapkan tongkatnya ke dalam tanah, setelah diangkat keluarlah air dari bekas lobang yang tertancap tongkat Sunan kalijaga tersebut. Air yang keluar berupa air yang bersih dan jernih yang terkumpul dalam cekungan yang dinamai sendang kasihan tersebut.

Cerita
Sendang kasihan tersebut juga disebut sebagai sendang pengasih karena menurut cerita masyarakat sendang ini pernah menjadi tempat bagi Nyi roro pembayun (putri panembahan senopati) yang dalam perjalanan menuju ke wilayah Mangir, membasuh mukanya dengan air sendang tersebut berikut para pengiringnya. Tak di nyana kecantikan Nyi Roro Pembayun semakin terlihat muda dan semakin cantik dan membuat Ki Ageng Mangir jatuh cinta kepada putri Panembahan Senopati tersebut. Oleh karena itu sampai saat ini sendang ini diyakini dapat membuat orang awet muda jika memakai air sendang untuk membasuh wajahnya. Sendang kasihan ini juga pernah sebagai tempat bersemedi Raden Ronggo (putra panembahan senopati dengan Ratu Kidul). Didekat Sendang juga terdapat sebuah rumah kecil yang diberi nama Juru Martanipuro yang dibangun oleh Ki Juru Martani (penasehat raja) sebelum berangkat ke kadipaten Pati.

Mitos
Setiap malam jumat kliwon dan selasa kliwon Sendang Kasihan nyaris tak sepi pengunjung. Banyak orang datang ke sendang itu untuk ngalab berkah dengan cara laku tirakat kungkum atau berendam di air sendang. Sendang ini diburu berkahnya karena dipercaya bisa mendatangkan aura pengasihan atau dicintai banyak orang, sehingga jodoh segera datang, rejeki jadi lancar atau pejabat naik pangkat karena dicintai atasan. Sendang ini diyakini juga dapat membuat orang awet muda jika memakai air sendang untuk membasuh wajahnya

Kondisi Sekarang
Kondisi sendang kasihan saat ini telah diberi pagar luar setinggi kurang lebih 2 meter. Pada dinding sebelah barat merupakan pintu utama dengan tinggi 1,5 meter dan lebar 80 cm. pada sisi utara dan selatan sendang sudah dilengkapi 3 kamar mandi sebagai pembilasan. Sedangkan disisi tenggara terdapat bangunan rumah yang merupakan tempat tinggal penjaga sendang. Dinding sendang sudah direnovasi dengan ditembok dan disisi sebelah timur diberi pintu air, ini berfungsi sebagai pengurasan dan pengatur volume air. Dibagian barat sendang terdapat dua buah arca batu yang berjajar menghadap ke selatan dengan tinggi 50 cm dan ketebalan 15 cm. Satu arca yang disebelah barat dalam kondisi rusak yakni patah pada bagian hidung/belalai karena menilik dari bentuknya merupakan arca ganesha. Sedangkan yang disebelah timur dilihat ciri fisiknya merupakan arca Agastya. Yang paling istimewa dari sendang tersebut airnya tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau sekalipun.

Mampir dimari gan...



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/wisata-religi-sendang-kasihan-yogyakarta.html