Tuesday, August 27, 2013

Beranda » » Wow, Masalah Sinyal Ponsel Dan Solusinya

Wow, Masalah Sinyal Ponsel Dan Solusinya

27 Masalah Sinyal Ponsel Dan Solusinya

1. Bagi anda yang lebih banyak menghabiskan waktu di jalan, agar sinyal yang dihasilkan lebih kuat, bisa menggunakan antena eksternal yang diletakkan diatas mobil. Antena eksternal memiliki karakteristik dan nilai efesiensi yang lebih baik dari antena ponsel. Rata-rata kenaikan level sinyal mulai dari 3dB (100% menaikkan level sinyal) sampai 9dB (400%).

2. Amplifier khusus ponsel juga dapat digunakan untuk menaikkan daya pancar ponsel anda yang rata-rata berkisar watt, dan juga menguatkan sinyal datang. Amplifier sinyal akan menaikkan daya keluaran ponsel sampai 3 watt, dimana 3 watt adalah ambang batas sinyal ponsel yang diperbolehkan.

3. Kuat sinyal memang bergantung juga dari jarak ponsel dengan BTS sinyal yang dipancarkan dan diterima juga tidak terlalu bagus. Rata-rata area cakupan BTS sekitas 1 atau 2 km. Untuk kota-kota besar namun biasanya sudah terdapat puluhan BTS yang siap mencover keseluruhan area. Sedangkan untuk daerah pinggiran sampai pedesaan biasanya menara antena lebih tinggi dan cakupan lebih jauh. namun jumlah BTS biasanya masih belum bisa mencover seluruh daerah.

4. Kadangkala bila berada di area penuh gedung bertingkat, maka sinyal terima kita tidak terlalu baik. Usahakan jauhi bangunan tinggi atau gedung, bukit dan gunung. Bangunan-bangunan tersebut dapat menghalangi distribusi sinyal terima dan sinyal yang dipancarkan, baik dari ponsel ke sumber atau dari sumber ke ponsel.

5. Sinyal yang dipancarkan BTS biasanya hanya dapat ditangkap dipermukaan bumi, sedang di basement gedung-gedung masih ada yang sinyal terimanya rendah. Namun bagi anda yang bekerja di kawasan perkantoran jakarta tidak perlu khawatir karena banyak gedung yang sudah dibangun Micro Base Station. Bagi yang belum, usahakan melakukan panggilan atau menerima panggilan di area gedung yang agak lapang (bukan basement) agar komunikasi anda tidak terganggu.

6. Jika anda ingin menambahkan aksesoris pada ponsel, sebaiknya lebih selektif karena aksesoris dan peletakannya berpengaruh pada daya terima dan pancar ponsel. Penambahan aksesoris seperti lampu radiasi yang ditempel dibagian belakang ponsel dengan internal antena dapat sedikit mengurangi level sinyal, meskipun kadang-kadang kita tidak merasakannya. Namun apabila kita benar-benar berada di daerah yang kondisi sinyalnya kurang baik, hal ini akan terasa.

7. Booster atau lempengan logam tipis yang ditempelkan pada bagian belakang baterai ponsel di klaim oleh beberapa produsen/penjual dapat menaikkan daya terima sinyal, khususnya pada ponsel internal antena. Namun dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan beberapa lembaga independen di luar negeri. hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Banyak juga booster yang tidak berpengaruh apa-apa. Seandainya anda ingin membeli, cobalah periksa jenis dan merek booster serta mintalah pada penjual untuk menunjukkan bukti atau cara penggunaan maksimalnya.

8. Hati-hati pula untuk memilih sarung ponsel, karena jenis sarung juga sangat berpengaruh terhadap level daya terima sinyal ponsel, apalagi yang mempunyai kandungan bahan logam atau magnetik. Saat ini di pasaran sudah banyak pilihan sarung ponsel yang tidak mengandung unsur logam.

9. Berbeda dengan sistem GSM. pada CDMA maka kualitas sinyal tidak terlalu bergantung dari jarak, karena BTS CDMA menggunakan perangkat yang dapat mengontrol sinyal, sehingga distribusinya untuk satu cakupan hampir merata, baik untuk ponsel yang jauh dari BTS maupun dekat.

10. Jika anda memiliki ponsel dengan antena eksternal, dapat mengganti antena ponsel dengan ponsel yang lain yang banyak dijual di pasaran dengan yang daya pancarnya lebih besar. Rata-rata untuk antena pengganti ini bentuknya lebih besar. Namun beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah spesifikasi ponsel dan antena harus cocok, kemampuan daya baterai. dan tingkat kekuatan sinyal. Sinyal yang terlalu kuat dikwatirkan nantinya akan menimbulkan efek samping pada kesehatan dan gangguan pada ponsel atau benda elektronik lain.

11. Jika anda ...berada pada daerah yang padat carilah area yang sedikit lebih besar lapang. Sinyal yang dipancarkan oleh ponsel kita sepenuhnya akan diteruskan ke BTS atau antena penerima tujuan, namun sebagian juga akan dipantulkan kembali benda-benda disekeliling kita. Pantulan sinyal yang pengaruhnya lumayan adalah dari dinding sekitar kita. Oleh karena itu biasanya apabila kita berada di ruang tertutup seperti lift, sinyal kita akan sedikit terganggu apalagi jika dinding disekeliling kita tebal.

12. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh benda-benda elektronik lain di sekitar ruangan kita juga sedikit berpengaruh terhadap level daya terima yang lebih baik jika kita berada di dalam ruangan tersebut, cobalah bergeser ke arah jendela, beranda, balkon.

13. Jika berada di daerah pegunungan atau perbukitan, usahakan sebelum bepergian cek kondisi baterai, karena pada daerah-daerah ini proses pencarian sinyal akan mengkonsumsi energi yang cukup banyak. Meskipun di sekeliling terdapat 2 BTS yang letaknya tinggi, namun dalam perhitungan tekhnisnya ada satu area semakin mendekati titik acuan tertentu gangguan terhadap sinyalnya makin besar.

14. Setiap sinyal yang dipancarkan antena mempunyai pola pancaran atau distribusi tertentu tergantung dari jenis antenanya. Ada yang hanya ke satu arah (directional) atau hanya ke dua arah (bidirectional). Antena ponsel juga mempunyaì pola pancaran tertentu. Oleh karena itu, jika anda sedang berkomunikasi dari sedikit terganggu, ubahlah posisi anda, mungkin dengan arah antena yang seperti itu sinyal terima-kirim arahnya kurang tepat dengan perangkat penerima.

15. Sinyal ponsel rentan terhadap kondisi cuaca. Sama seperti perangkat elektronik, sinyal pun mempunyai karakteristik tertentu, dimana hanya pada kondisi-kondisi tertentu sinyal dapat diterima dengan baik. Kondisi cuaca yang buruk atau hujan misalnya, dapat memperlemah sinyal terima dan kirim. Dalam proses transmisi sinyal, kondisi-kondisi tersebut menimbulkan loss-loss atau hilangnya sebagian daya dari sinyal. sehingga sinyal yang diterima sedikit lemah. Untuk kondisi seperti ini lebih baik hindari penggunaan perangkat wireless atau ponsel mìsalnya, karena biasanya suara yang terdengar akan terputus-putus atau tidak jelas.

16. Rutan atau kawasan Istana Negara, terkadang sama sekali tidak mendapatkan sinyal. Memang untuk daerah-daerah tersebut sinyal yang dipancarkan BTS di sekitarnya sengaja di blok untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cobalah untuk menjauhi atau menghindari area tersebut minimal 500 meter. Mudah-mudahan komunikasi anda tidak akan terputus lagi.

17. Antena yang terdapat pada ponsel anda juga membutuhkan daya atau suplay tenaga untuk bekerja. Suplay daya tersebut di dapatkan dari baterai. Antena akan bekerja maksimal memancarkan sinyal hanya apabila disuplai daya sesuai dengan spesifikasi antena. maka apabila sinyal anda seringkali lemah, cobalah cek baterai anda, mungkin sudah perlu diganti.

18. Di kota-kota besar, letak BTS atau sel-selnya sangat berdekatan. Hal ini juga mempengaruhi kualitas sinyal ponsel. Untuk sistem selular, terkadang ada gangguan atau interferensi frekuensi dari sel-sel di sekitarnya. Setiap sinyal yang dipancarkan menggunakan frekuensi tertentu yang pada sistem selular terdapat pengulangan penggunaan frekuensi untuk setiap jarak BTS tertentu, cobalah untuk lebih dekat ke BTS atau antena penerima. Atau gunakan amplifier atau penguat namun perhatikan kuat daya pancarnya agar tidak mengganggu sinyal yang lain.

19. Selama anda berkendaraan seringkali sinyal tidak maksimal. Salah satu faktor yang menyebabkan gangguan tersebut adalah proses hand off atau perpindahan dari satu sel/area BTS Lain. Proses tersebut mau tidak mau memerlukan waktu untuk memindahkan penganan sinyak kita antar BTS.

20. Jika anda tidak bisa menerima telepon di dalam gedung, mungkin membutuhkan bidirectional amplifier. Perangkat ini bisa memperkuat tidak hanya sinyal kirim namun juga sinyal terima. Biasanya perangkat ini dipakai di area tertutup dan .membutuhkan cakupan converage yang lebih dari ponsel biasa.

21. Jika kita mendapatkan sinyal yang buruk, padahal kita tahu bahwa tempat tersebut memiliki sinyal yang baik. periksa antena ponsel. Banyak ponsel yang mempunyai antena yang dapat memanjang apabila membutuhkan cakupan yang lebih luas. Biasanya dengan antena tersebut sinyal terima dan kirim sedikit lebih baik. Namun apabila ponsel anda tidak dilengkapi antena seperti itu, maka biasanya panggilan anda akan drop. Namun apabila kondisi sinyal cukup baik, sementara sinyal masih buruk, hubungi customer service. mungkin ponsel anda rusak.

22. Spesifikasi antena juga bergantung dari spesifikasi baterai. Seringkali, baterai anda cukup kuat untuk melakukan panggilan, tetapi tidak cukup kuat untuk menemukan sinyal. karena proses pencarian sinyal juga membutuhkan daya. Oleh karena itu apabila kita berada di area yang sinyal terima di dapat atau sedang berkendaraan, sebaiknya anda mempersiapkan baterai cadangan.

23. Kondisi suhu mempengaruhi sinyal. Suhu juga menentukan nilai noise atau gangguan pada sinyal. Pada kondisi tertentu sinyal tidak bisa diperbaiki lagi. Ada ambang batas di mana diteruskan ke perangkat penerima, meskipun receiver atau pesawat penerima mempunyai spesifikasi yang benar-benar baik. Namun biasanya gangguan karena suhu di suatu daerah sudah diperhitungkan baik oleh operator maupun produsen atau distributor jaringan dan perangkat seluler. Tapi alangkah baiknya jika kita mengecek dulu perangkat atau ponsel yang kita miliki, atau memakai perangkat yang sudah sesuai dengan standar yang dikeluarkan pemerintah.

24. Topografi suatu daerah juga sangat mempengaruhi sinya. Rawa, danau, padang pasir juga memberikan konstribusi terhadap kualitas sinyal. Daerah yang paling baik atau yang mempunyai nilai ganggauan terkecil adalah dataran dengan struktur tanah cukup stabil, artinya tidak terlalu banyak air, namun juga tidak kering kerontang. Biasanya daerah ini berada di kota.Jika anda tinggal di daerah dengan kondisi yang tidak sesuai denga spesifikasi tersebut cobalah pilih spesifikasi perangkat yang sesuai.

25. Kepadatan atau densitas area berpengaruh terhadap sinyal. Area atau kota dimana kita berada juga menentukan level daya terima sinyal. Semakin padat tempat atau kota di mana kita berada, maka semakin lemah sinyal yang kita dapatkan, kecuali banyak terdapat BTS di tempat tersebut. Untuk kota yang padat sudah tentu banyak hambatan, rintangan, bangunan-bangunan tinggi (obstacles). Oleh karena itu sebisa mungkin hindari daerah-daerah padat jika komunikasi ingin terbebas dari gangguan. Sinyal yang dipancarkan suatu BTS tergantung dari spesifikasi BTS tersebut. misalnya gangguan sepanjang perjalanan sinyal sampaì ke antena, jenis kabel serta perangkat yang digunakan dan penguat di antena itu sendiri.

26. Seandainya anda berada di laut, biasanya sinyal sulit di dapat. Inì disebabkan karena sulitnya menempatkan BTS dan juga karena ada loss atau gangguan karena pantulan sinyal oleh air. Oleh karena itu bisa saja kita memanfaatkan perangkat yang khusus di gunakan di laut atau bisa saja menggunakan ponsel satelit.

27. Kadangkala meskipun sinyal bagus tapi kita sering sulit untuk mendial, ini disebabkan karena trafik pada jam-jam tesebut cukup padat. sedangkan kapasitas kanal atau sambungan yang tersedia terbatas. Maka apabila kita lama menunggu sampai nada sambung terdengar, berarti kita masuk dalam sistem antrian operator tersebut. Namun apabila kemudian tiba-tiba terputus, berarti kita sudah melewati batas.



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/masalah-sinyal-ponsel-dan-solusinya.html