Wednesday, August 28, 2013

Beranda » » Wow, nih gan cara bersihkan perlatan dapur

Wow, nih gan cara bersihkan perlatan dapur

Sumber: kiat jitu membersihkan peralatan dapur

[imagetag]

Hobi memasak yang Anda miliki bisa jadi mengorbankan salah satu peralatan di dapur jika cara membersihkannya tidak benar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips-tips bermanfaat yang dapat digunakan untuk membersihkan aneka peralatan dapur Anda.

Membersihkan Wajan atau Panci Antilengket
Selesai dipakai untuk memasak, biarkan wajan dingin dengan sendirinya dahulu sebelum dicuci/direndam dengan air dingin. Perubahan suhu drastis dari panas ke dingin akan mudah merusak wajan. Jika ingin merendam dengan air hangat karena bekas memasak makanan berlemak, maka lakukan segera setelah panci atau wajan digunakan untuk memasak.

Membersihkan Rice Cooker
Setelah nasi dalam rice cooker habis, rendam panci rice cooker dengan air panas untuk memudahkan pengelupasan sisa nasi yang masih menempel. Lakukan hingga air menjadi dingin. Kemudian cuci panci rice cooker dengan sabun dan spons lembut agar tidak menggores lapisan panci. Bilas dan keringkan dengan lap lembut.

Membersihkan Panci Berkerak
Campur satu sendok makan boraks dengan air hangat atau panas, dan sabun cuci piring secukupnya. Kemudian, rendam panci dalam campuran tersebut atau bisa juga dipakai untuk mencuci seperti biasa. Setelah itu, bilas sampai bersih.

Membersihkan Talenan
Taburkan garam kasar di permukaan talenan, dan gosok dengan potongan jeruk nipis. Kemudian, keruk permukaan talenan dengan pisau untuk membersihkan sisa bahan makanan yang menempel. Lalu cuci dengan sabun dan disiram dengan air mengalir.
Setelah itu, jemur talenan yang sudah dicuci bersih agar tidak berjamur.

Membersihkan Microwave
Pertama-tama, keluarkan piring kaca dalam microwave. Letakkan semangkuk air yang dicampurkan dengan lemon di dalamnya. Kemudian, nyalakan microwave tersebut hingga air mendidih, atau sekitar 3-5 menit. Biarkan uap tersebut membersihkan microwave secara otomatis.

Membersihkan Blender
Masukkan air hangat dan beberapa tetes sabun cair ke dalam blender, lalu nyalakan blender beberapa saat. Kemudian keluarkan air sabun dari blender, dan cuci seperti biasa. Untuk menjaga ketajaman mata pisau, campurkan satu sendok teh garam ke dalam larutan air hangat tadi.

Membersihkan Kompor Gas
Siapkan air yang dicampur cuka apel atau air jeruk lemon/nipis. Kemudian lepas semua bagian atas kompor dan pemutar api (kalau bisa dilepas) dan rendam dalam air cuka agar kotoran lebih mudah lepas. Setelah itu, sikat dan bilas bagian-bagian kompor tersebut dan keringkan.

Membersihkan Oven
Siapkan dua sendok makan baking soda, cuka apel atau air jeruk lemon, sabun cuci piring, dan air secukupnya. Bersihkan oven dengan larutan tersebut, lalu bilas dengan lap basah dan lap kering. Setelah itu, beri ekstrak vanili atau kayu manis bubuk untuk memberi efek harum dan saat oven digunakan

Selamat mencoba gan heheheh..

mohon commentnya dan cek langsung sumbernya



Sumber: Gudang artikel unik http://gudang-artikel-unik2.blogspot.com/2013/08/nih-gan-cara-bersihkan-perlatan-dapur.html